Setelah Lebaran, Pembangunan Trotoar Jalan Kemuning Banjarbaru Dikerjakan

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pengerjaan pembangunan dan penataan trotoar untuk kawasan Jalan Kemuning Banjarbaru direncanakan teralisasi usai libur Lebaran tahun 2024 mendatang.

Trotoar ini rencananya akan dibangun di sisi kiri dan kanan Jalan Kemuning, tepatnya dari arah Jalan A Yani hingga menuju jembatan Kemuning.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru merancang proyek strategis itu dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah (APBD) sebesar Rp 5,5 miliar.

Jika sesuai perencanaan, disebutkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Banjarbaru, M Adi Maulana, proyek ini akan dilelang pada bulan Februari 2024.

Baca juga: Modus Korupsi Proyek Jamban Desa Astambul Kota Terungkap di Persidangan

“Jika melihat dari penyempurnaan hasil perencanaan di akhir tahun kemarin, maka persiapan lelang akan kami lakukan pada pertengahan hingga akhir bulan Februari 2024,” kata M Adi Maulana.

Jika selesai lelang, sambung dia, kontrak akan dibuat pada awal bulan Maret hingga pertengahan bulan Maret.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Banjarbaru, M Adi Maulana. Foto : wanda

“Jika diperkirakan berjalan seperti itu, maka kemungkinan pelaksanaannya bisa jadi setelah lebaran,” sebut Adi.

Dia menjelaskan untuk pengerjaan, perlu dilakukan pembongkaran seluruh drainase yang ada di kawasan itu, serta beberapa pagar rumah milik warga akan dimundurkan.

Baca juga: Dua Pengedar Sabu di Desa Pasar Senin Ditangkap

Kemudian trotoar akan dibuat di ruas kanan dan kiri jalan dengan panjang total berkisar 997 meter. Sedangkan luasnya dihitung kurang lebih 490 meter atau setengah kilometer.

“Untuk kisaran lebarnya sekitar 2 meteran tapi kita variasi dengan memanfaatkan ruang milik jalan yang ada ini antara aspal ke batas tanah milik warga atau pagar milik warga,” jelas Adi.

“Tapi tentu akan kami sosialisasikan dulu dengan warga atau pemilik tanah dan bangunan tersebut, untuk dlakukan penggeseran pagar-pagar ada sekitar dua hingga tiga rumah lah yang pagarnya akan digeser,” jelasnya.

Sementara saat ini, ia mengatakan, Dinas PUPR baru selesai melaksanakan survei harga satuan bahan dan upah.

Baca juga: Relawan Damkar Meninggal Tenggelam di Siring 0 Km Banjarmasin, Yuda Sempat Ajak Rekan Berenang 

“Setelah ini kami melakukan proses penginputan untuk mengolah menjadi analisa harga satuan masing-masing bidang,” tuntas dia. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie

Artikel Setelah Lebaran, Pembangunan Trotoar Jalan Kemuning Banjarbaru Dikerjakan pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalur Khusus di SPBU Dicabut, Organda Kalsel-Sopir Truk Protes ke Balai Kota Banjarmasin

PWPM Kalsel 2022-2026 Ditolak, Meldy: AD ART Pemuda Muhammadiyah Ada yang Tak Dipenuhi

Pemkab Tanbu Usul Pemekaran Kecamatan Baru ke Kemendagri, 10 Desa Bergabung di Kecamatan Pangeran