Hemat Biaya Waktu, Dinas Perpustakaan HSU Dorong Penggunaan Arsip Digital

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendorong seluruh SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten HSU menerapkan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

Hal itu diungkapkan Kadis Perpustakaan HSU Karyanadi saat memimpin apel pagi di halaman kantor Bupati HSU, Senin (29/1/2024), yang dihadiri para pejabat SKPD, dan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten HSU.

“Kita berharap mari kita bersama-sama melaksanakan program pemerintah untuk menjalankan aplikasi Srikandi, karena sudah ada surat edaran Pj Bupati per 12 Januari 2023, kita melaksanakan program Srikandi minimal dari awal Januari ini,” kata Karyanadi.

Baca juga: Revitalisasi Taman Satwa Jahri Saleh Banjarmasin Terancam Gagal

Melalui Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan HSU terus mengawal dan pendampingan kearsipan digital dengan melaksanakan program Srikandi ke seluruh SKPD agar sistem pemerintahan berbasis elektronik bisa berjalan di Kabupaten HSU.

Srikandi ini adalah langkah besar pemerintah dalam mengawal bersama arsip elektronik. Dengan adanya Srikandi ini volume arsip dapat dikurangi melalui pengaplikasian digital sehingga dapat tersimpan dengan baik.

Tujuan program aplikasi Srikandi ini adalah untuk memudahkan dalam pengelolaan kearsipan di semua SKPD, terutama dalam pembuatan surat-surat masuk maupun surat-surat keluar.

Baca juga: Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Mulai Berlayar, ICCT Was-was

“Kami berharap pengaplikasian Srikandi untuk mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten HSU dapat dilaksanakan dan dikawal bersama,” imbuhnya.

Menurutnya, melalui aplikasi Srikandi ini juga para ASN dapat mempermudah segala keperluannya seperti tanda tangan digital tanpa harus berada di kantor.

Artinya, penggunaan program ini dapat memberikan manfaat mulai dari penghematan biaya, tenaga hingga waktu.

Baca juga: Dugaan Proyek Tak Beres Pagar Beton Ambruk Instalasi Farmasi Banjarmasin 

“Bapak ibu yang berada jauh dengan pusat pemerintahan misalnya di Kecamatan Paminggir atau Danau Panggang, jika memerlukan tandatangan Bupati tidak perlu harus datang ke Amuntai, tinggal mengirimkan surat penandatanganan tersebut melalui Srikandi, setelah itu melalui Srikandi juga dapat diverifikasi langsung oleh Sekda dan Asisten yang membidangi tanpa mereka harus datang ke tempat,” jelasnya.

Sekadar informasi, aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi merupakan aplikasi yang diluncurkan pemerintah sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter: dew
Editor: bie

Artikel Hemat Biaya Waktu, Dinas Perpustakaan HSU Dorong Penggunaan Arsip Digital pertama kali tampil pada Kanal Kalimantan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jalur Khusus di SPBU Dicabut, Organda Kalsel-Sopir Truk Protes ke Balai Kota Banjarmasin

PWPM Kalsel 2022-2026 Ditolak, Meldy: AD ART Pemuda Muhammadiyah Ada yang Tak Dipenuhi

Pemkab Tanbu Usul Pemekaran Kecamatan Baru ke Kemendagri, 10 Desa Bergabung di Kecamatan Pangeran